Contoh Kasus Penilaian Hotel

Contoh soal P3P4 Penilaian Hotel

PT. ABC  memiliki Boutique Hotel yang berlokasi di Jalan Raya XYZ Kota Damai Indah, dengan jumlah kamar 60 kamar. Sejak beroperasi sampai saat ini (masuk tahun ke-tiga) sudah menunjukkan kinerja yang cukup baik, dengan data historis seperti di bawah ini :

UraianThn (H-2)Thn (H-1)Thn (H)
Jumlah Tamu19,71020,69621,730
Tarif Kamar Rata-Rata540,000594,000653,400

Tahun (H) adalah tahun saat ini dimana jumlah tamu dan tarif kamar rata-rata merupakan proyeksi dari operator hotel dan diyakini akan tercapai. Rata-rata tingkat hunian ganda adalah 1,5.

Diketahui juga data-data kinerja masa lalu sebagai berikut :
Pendapatan Makanan dan Minuman 30% dari pendapatan kamar
Pendapatan lain-laian 20% dari pendapatan kamar

Biaya Operasional Departemen :
Departemen Kamar 15% dari pendapatan kamar
Departemen Makanan dan Minuman 55% dari pendapatan makanan dan minuman
Departemen lain-lain 70% dari pendapatan lain-lain

Biaya Operasional Non Departemen 36% dari total pendapatan
Beban tetap Rp 1.200.000.000,- pada tahun ini dan Tumbuh 10% per tahun
Tingkat diskonto dihitung dengan menggunakan metode Weighted Average Cost of Capital (WACC), dan diketahui rata-rata tingkat suku bunga pinjaman investasi perbankan nasional sebesar 14% dan rata-rata tingkat balikan yang diharapkan investor hotel sebesar 19%. Pada umumnya investasi hotel dibiayai perbankan dengan komposisi antara pinjaman dengan modal sendiri 60:40. Tingkat kapitalisasi terminal diproyeksikan -4% dari tingkat diskonto.

Diproyeksikan ke depan pertumbuhan jumlah tamu dan tarif kamar hotel mengikuti kinerja masa lalu, demikian juga komposisi pendapatan diluar kamar dan biaya-biaya operasi sama dengan kinerja masa lalu. Kondisi pendapatan dan operasional hotel tiga tahun ke depan diasumsikan sudah stabil.
  1. Berapa nilai pasar boutique hotel tersebut secara keseluruhan
  2. Laporan tersebut digunakan untuk tujuan penjaminan atas pinjaman PT. ABC ke Bank BBB. Aset yang dijaminkan adalah Tanah, Bangunan, Mesin dan Peralatan serta Peralatan Operasional Hotel di luar Fixture & Furniture. Berapakah nilai pasar aset hotel PT. ABC yang dijaminkan tersebut jika diketahui tarif pasar sewa untuk fixture & furniture sekelas dengan hotel ini adalah sebesar Rp 550.000.000 per tahun dan tingkat kapitalisasi fixture & furniture sebesar +4% dari initial capitalization rate hotel.
Penyelesaian..... 

Download Soal - Soal P1P2 dan P3P4 berikut :
Password: soalp1p2@sby



    Related Posts:

    1 komentar:

    Unknown mengatakan...

    Password: soalp1p2@sby tidak bisa untuk membuka file zip nya contoh soal-soal tersebut

    wah podo wae ngapusi ....