Penilaian Cooldstorage

Kebetulan nih ada waktu untuk posting. Minggu ini baru selesai melakukan Penilaian Cooldstorage. Berhubung ada waktu lowong, maka waktunya untuk bagi - bagi ilmu, kalau ada yang lebih tau, harap dikoreksi yang keliru.
Pada prinsipnya Penilaian Coolstorage sama saja dengan penilaian Tanah dan Bangunan Mesin pada umumnya, yang membedakan hanya di spesifikasi dari bangunan yang didesain untuk bisa menstabilkan suhu ruangan.
Disini akan dibahas dengan metode Pendekatan Biaya. Pada perinsipnya menilai coolstorage dibagi dalam 2 bagian, yaitu:
  1. Penilaian Tanah dan Bangunan
  2. Penilaian Mesin - Mesin
Ok, mari kita mulai mengupas satu persatu.

  1. Penilaian Tanah dan Bangunan
  2. Pada perinsipnya penilaian tanah dan bangunan tidak jauh berbeda dengan penilain tanah bangunan pada umumnya. yang membedakan dengan penilaian tanah dan bangunan pada umumnya terletak pada spesifikasi bangunan ruang processing yang mensyaratkan konstruksi yang bisa menjaga suhu dingin. Jadi untuk menilai bangunan ruang processing tersebut kita haru mengetahui terlebih dahulu konstruksi yang dan jenis bahan yang digunakan untuk keperluan tersebut. Sebab dengan mengetahuinya kita dapat mengestimasi biaya reproduksi baru dari bangunan tersebut. Yang membedakan bangunan tersebut dengan bangunan gudang pada umumnya adalah:
    Bangunan Coolstorage
    • Penggunaan Insulation Panel
    • Pada umumnya bangunan ruang processing tersebut menggunakan bahan yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama Insulation Pannel (Panel Isolasi) bahan inilah yang digunakan untuk mencegah kehilangan suhu dingin dalam ruang processing. Panel Isolasi ini biasanya terbuat dari bahan plyurethane. Bahan ini sebenarnya bisa digunakan untuk isolasi panas dan dingin. Panel Isolasi ini ukuran tebalnya bermacam - macam tergantung berapa derajat suhu ruangan yang dibutuhkan. sebagai contoh tebal 7,5 cm untuk suhu -2 ~ -10 C, tebal 15 cm untuk suhu sampai -40 C. dan harga dari panel isolasi ini berbanding lurus dengan ketebalannya. Panel Isolasi ini biasaya digunakan pada bagian Langit - Langit, Dinding dan Lantai bangunan.
    • Penggunaan Pipa PVC
    • Pipa PVC digunakan pada bagian bawah lantai bangunan. fungsi dari Pipa PVC ini adalah menyalurkan suhu, agar tidak terjadi perubahan suhu yang mendadak pada bagian lantai yang bisa menyebabkan lantai retak.
    • Plat Lantai
    • Plat lantai pada bangunan coolstorage biasanya lebih tebal dari bangunan gudang pada umumnya dan dibagian lantai ini biasanya juga ditanamkan panel isolasi.
    Dari ketiganya yang paling banyak proporsi biayanya adalah pada penggunaan Panel Isolasi. Perlu diperhatikan penggunaan panel isolasi ini ada yang sifatnya ditanam dalam dinding dan ada juga yang sifatnya portable (dapat dipindah - pindahkan) sesuai kebutuhan. Apabila panel tersebut tertanam dalam bangunan artinya harus dimasukkan dalam nilai bangunan, tetapi kalau tidak artinya panel tersebut termasuk dalam personal properti.
  3. Penilaian Mesin - Mesin
Komponen Mesin Coolstorage
    Seperti halnya menilai tanah dan bangunan, menilai mesin coolstorage juga pada dasarnya sama dengan menilai mesin pada umumnya. yang membedakan adalah adanya bangunan ruang coolstorage yang harus dinilai bersama menjadi satu line mesin. Jadi mesin cooldstorage terdiri dari mesin kompresor, kondensor, efavorator dan Bangunan ruang coolstorage. Untuk menilai 3 yang pertama seperti halnya menilai mesin pada umumnya untuk ruang coolstorage dinilai berdasarkan dimensinya. Bangunan Coolstorage ini biasaya juga dibangun menggunakan panel isolasi tapi tebal yang digunakan biasanya minimal 15 cm. Disarankan untuk mendapatkan data dimensi dari ruangan coolstorage dan tebal panel yang digunakan. sebab dari data tersebut kita bisa membuat estimai nilai dengan akurat. Nilai dari ketiga mesin tersebut di tambahkan dengan nilai ruang coolstorage sama dengan nilai dari mesin coolstorage. 
Mengetahui lebih mengenal Mesin Coolstorage silahkan berkunjung ke web site WDK ALMINDO

Related Posts:

3 komentar:

lowongan kerja mengatakan...

artikel yang menarik bermanfaat

torasham mengatakan...

pak mohon infonya :
1. bagaimana kita bisa mengetahui kalau coldstorage itu tertanam atau.tidak?
2. melakukan penilaiannya bisa tidak.kita menggunakan harga pasar?

terimakasih yg sebesar besarnya atas info berharga ini

torasham mengatakan...

trimakasih lagi