Penilaian Hotel

Definisi Hotel

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makanan dan minuman (SK. Menteri Perhubungan No. PM.10/Pw.301/Phb.77).
  • Hotel adalah suatu usaha akomodasi komersial
  • Hotel harus dibuka untuk umum
  • Hotel harus memiliki suatu sistem pelayanan
  • Hotel harus memiliki minimum 3 (tiga) macam fasilitas/produk, yaitu: Akomodasi (Kamar), Makanan & Minuman, serta pelayanan yang dibuka 24 jam.
Pengelompokan Klasifikasi Hotel
Sistem klasifikasi Hotel di dunia memiliki perbedaan antara satu negara dengan negara lain Klasifikasi hotel di Indonesia sama dengan yang diterapkan di beberapa negara seperti Prancis, Spanyol, Negara - negara di Afrika dan kebanyakan negara - negara di Asia. Klasifikasi hotel di Indonesia mengacu kepada SK Menteri Perhubungan No. PPM.10.301/Phb-77, dimana klasifikasi hotel ditetapkan berdasarkan penilaian:
  1. Jumlah kamar yang tersedia
  2. Fasilitas yang tersedia
  3. Peralatan yang digunakan
  4. Mutu Pelayanan yang dimiliki
Berdasarkan penilaian tersebut penilaian tersebut, maka hotel di Indonesia diklasifikasikan menjadi 6 kelas, yaitu :
  1. Hotel Bintang 1, dengan tanda (*)
  2. Hotel Bintang 2, dengan tanda (**)
  3. Hotel Bintang 3, dengan tanda (***)
  4. Hotel Bintang 4, dengan tanda (****)
  5. Hotel Bintang 5, dengan tanda (*****)
  6. Hotel Bintang 5, dengan tanda (*****)Diamond
Hotel - hotel yang berada dibawah standar minimum atau Hotel Non Bintang diberi nama "Hotel Melati"

Nilai Pasar Hotel
Nilai Pasar hotel terbentuk dari beberapa komponen, yaitu:
  1. Nilai Real Properti
    • Nilai Tanah (value of land)
    • Nilai Bangunan (value of improvments)
  2. Nilai Bisnis (value of business or going concern and franchise affiliation)
  3. Nilai Personal Properti (value of the FF & E)
    • Nilai Furniture (kursi, tempat tidur, televisi, lemari, dsb)
    • Nilai Fixture (Desain-desain interior)
    • Nilai Equipment (peralatan laundry, restoran, bad, dsb)
Faktor yang Mempengaruhi Nilai Hotel
  1. Aspek Pasar
    • Aspek Deman: Permintaan dan kebutuhan akomodasi, jumlah wisatawan, jumlah commuter, dsb
    • Aspek Supply: Jumlah pesaing, jumlah hotel, jumlah kamar hotel, fasilitas, dsb
  2. Aspek Lokasi dan Lingkungan
  3. Aspek lokasi seharusnya sejalan dengan segmentasi hotel tersebut. Hotel bisnis tentunya harus didukung dengan lokasi dan lingkungan yang strategis yang berhubungan dengan fasilitas-fasilitas bisnis lainnya. Hotel resort berlokasi di daerah yang tenang, sejuk dan memiliki fasilitas rekreasi.
  4. Aspek Produk Fisik dan Layanan Hotel
  5. Analisa dari operasi maupun pelayanan hotel yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya nilai hotel tersebut. Ketersediaan fasilitas, sistem tarif, sistem operasional sangat menentukan nilai hotel.
Penilaian Hotel

Lihat selengkapnya di Penilaian Hotel dengan Pendekatan Biaya dan Pendapatan



Related Posts:

Tidak ada komentar: