Perubahan Sistem Pendidikan Profesi Penilai Tahun 2011

Baru-baru ini dikantor mendapat kiriman Majalah Penilai dari Mappi. Nama Majalahnya Media Penilai. Ada satu artikel yang membahas tentang Perubahan Sistem Pendidikan Profesi Penilai yang dilakukan oleh Mappi dan berlaku pada tahun 2011. Tujuan dari perubahan sistem pendidikan ini menurut MAPPI adalah untuk meningkatkan jumlah anggota Mappi yang notabene sampai 2010 ini menunjukkan peningkatan yang tidak terlalu menggembirakan. Perubahan Sistem Pendidikan ini yang berbeda jauh dengan Sistem sekarang adalah pemisahan P1 dengan P2 serta P3 dan P4 yang sekarang dibagi menjadi tiga level dengan Nama Pendidikan Dasar Untuk syarat menjadi anggota Mappi Peserta (P), Pendidikan Dasar Lanjutan Sebagai syarat anggota Mappi Terakreditasi (T) dan Pendidikan Lanjutan Sebagai Syarat untuk menjadi anggota Mappi Bersertifikat (S).
Dengan perubahan ini diharapkan akan meningkatkan jumlah anggota Mappi dan meningkatkan Profesionalitas Penilai. Jadi dalam Sistem Baru ini untuk menjadi anggota Mappi P akan lebih mudah dengan hanya mengikuti Pendidikan Dasar sebanyak 60 jam dengan 6 Modul.
Menurut Mappi jumlah anggota penilai sampai dengan tahun 2009 tercatan di Mappi hanya 1.919 orang naik 10% dari 2008 yang berjumlah 1.741 orang. Semoga perubahan sistem ini dapat lebih memajukan Masyarakat Penilai Indonesia. Kita tunggu saja tanggal mainnya, dan semoga sobat sobat yang telah lulu P1P2 jelas nasibnya.
Untuk Info lebih lanjut silahkan baca di Media Penilai Edisi: Juni/th.V/2010.

Related Posts:

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Maksud dari Sistem Modul dan adanya pemisahan pendidikan modul P1 dan P2, P3 dan P4 kongkretnya seperti apa yah....apakah modul di maksud menggunakan metode Satuan Kredit atau paket yah....

Alamsyah mengatakan...

Menurut keterangan dari Mappi pemisahan ini untuk lebih memudahkan kelulusan penilai. Ini mengingat tingkat kelulusan P1P2 dalam setiap pendidikan max. 60%. Dengan dipisahkan, untuk lulus p1 hanya dengan lulus modul 60 jam dengan materi dasar penilai. dan dengan keanggotaan Mappi P. Selengkapnya di Media Penilai Edisi: Juni/Th.V/2010.
Modulnya menggunakan satuan jam
1. Modul Pendidikan Dasar 60 jam
2. Modul Pendidikan Dasar Lanjutan 95 jam
3. Modul Pendidikan Lanjutan 1 66 jam
4. Modul Pendidikan Lanjutan 2 100 jam

fastsense mengatakan...

bagus, bermanfaat